Saya baru bisa mengkompilasi data untuk setahun penuh 2021, padahal kita sudah memasuki kuartal kedua. Butuh banyak waktu bagi saya untuk mengumpulkan informasi di seluruh dunia, dan kemudian mengklasifikasikan setiap model menurut segmennya. Riset tersebut mencakup data untuk 106 pasar dari lima benua yang mencakup lebih dari 99% total volume dunia tahun lalu. Ini adalah model terlaris.

Tesla Model 3 Hits Keseluruhan Top 10

Elon Musk mengantisipasinya: Teslas akan menjadi mobil paling populer dalam waktu dekat. Yah, Model 3 memang bukan mobil terlaris di dunia pada tahun 2021, tetapi tentu saja melakukan pekerjaan yang brilian dengan masuk ke 10 besar eksklusif. Menurut angka, sedan listrik ini menempati posisi ke-9 dalam peringkat berkat pertumbuhannya yang kuat. dari 40% vs 2020 menjadi 508.000 unit. Ini juga pertama kalinya mobil listrik sepenuhnya mencapai volume penjualan sejauh ini.

Motor1 Mencatat Mobil Terlaris di Dunia Berdasarkan Segmen

SUV

Toyota RAV4, alias Wildlander di China, membuat sejarah dengan menjadi SUV pertama yang memimpin peringkat global. Merek ini terjual lebih dari 1,13 juta unit, naik 6%. Ini jelas mengungguli saingan terdekatnya, Honda CR-V, naik 3% menjadi 903.000 unit. Saingan mereka dari Nissan, X-Trail atau Rogue, hanya meningkatkan volumenya sebesar 0,5% karena pergantian model generasi. Namun, itu mampu mengungguli Mazda CX-5, Haval H6, Volkswagen Tiguan Allspace dan Ford Escape/Kuga.

Di antara SUV terkecil, Honda HR-V sejauh ini adalah bintangnya. Volumenya meningkat 20% berkat posisinya yang kuat di Cina, Amerika Latin, Jepang, dan Asia Tenggara. Saingan terdekat adalah Volkswagen T-Cross, tetapi dengan setengah dari penjualan Honda. Kemudian datanglah Hyundai Creta, Kia Seltos dan Volkswagen T-Roc.

Motor1 Mencatat Mobil Terlaris di Dunia Berdasarkan Segmen

Toyota Highlander adalah SUV menengah/besar paling populer dengan 443.000 unit, naik 31%. Diikuti oleh Tesla Model Y, kendaraan terlaris ke-19 dalam peringkat keseluruhan. Lalu ada BMW X3, Ford Explorer, Jeep Wrangler, Mercedes GLC, Audi Q5 dan Hyundai Santa Fe.

mobil kecil

Sangat menarik untuk melihat bagaimana mayoritas pengemudi cenderung lebih memilih mobil yang lebih besar. Mobil kecil paling populer tahun lalu menduduki posisi ke-20, dan itu adalah mobil Cina, Wuling Hongguang Mini EV. Itu adalah kendaraan listrik terlaris di China. Yang kedua adalah hatchback Volkswagen Polo, Suzuki Swift, Toyota Yaris Eropa, dan Saipa Tiba, mobil Iran untuk pasar itu.

Motor1 Mencatat Mobil Terlaris di Dunia Berdasarkan Segmen

Mobil Kompak

Mereka kebanyakan sedan kompak, seperti Toyota Corolla, Nissan Sentra dan Honda Civic, dan tidak begitu populer di Amerika Utara dan Cina. Hatchback paling populer di Eropa, jadi itulah mengapa Volkswagen Golf sangat turun peringkatnya. Sebenarnya, Golf adalah palka terlaris di dunia, tetapi menempati posisi ke-49 dengan 268.000 unit

Mobil premium dan mewah

Sedan BMW 3-Series menempati peringkat pertama dengan 329.000 unit, naik 12% yang sehat berkat permintaan yang kuat di China, Amerika Serikat-Kanada dan Jepang-Korea. Disusul oleh kakaknya, sedan 5-Series dengan 277.000 unit, dan masih terus bertambah meski usianya sudah tua. Saingannya, sedan Mercedes E-Class menempati urutan ketiga mobil premium terlaris dengan 231.000 unit. Kemudian datang Mercedes C-Class. Di antara segmen mewah, Mercedes S-Class memimpin sejauh ini dengan 83.000 unit vs 46.000 unit BMW Seri 7.

Motor1 Mencatat Mobil Terlaris di Dunia Berdasarkan Segmen

Truk Pickup

Meskipun Ford F-150 mempertahankan mahkota, ia kehilangan pijakan dan terancam oleh Toyota Hilux, naik 22%. Berbeda dengan Ford yang menjual sebagian besar unitnya di Amerika Utara, Toyota sangat populer di seluruh dunia, terutama di pasar berkembang. Chevrolet Silverado 1500 dan Ram 1500 juga kehilangan pijakan dan keluar dari 10 besar. Ford Ranger, Isuzu D Max dan Toyota Tacoma membukukan pergerakan positif dibandingkan tahun 2020.

Mobil Sport

Ford Mustang kembali menjadi mobil sport terlaris di dunia tetapi kehilangan 15% dari penjualan dibandingkan dengan tahun 2020, memungkinkan Dodge Challenger untuk menantangnya. Porsche 911 berada di urutan ketiga, naik 13%. Permintaan Chevrolet Corvette melonjak 53%, membuat Mazda MX-5 kecil di posisi kelima.

Penulis artikel, Felipe Munoz, adalah Spesialis Industri Otomotif JATO Dynamics.

By Justin