“Aliansi dengan General Motors adalah senjata besar bagi kami.”

CEO, Presiden, dan Direktur Eksekutif Honda Toshihiro Mibe menyimpulkan pemikirannya dalam satu kalimat singkat itu selama diskusi meja bundar dengan anggota media minggu lalu. Berbicara tentang transisi perusahaan menuju nol emisi karbon, baik Mibe dan Senior Managing Executive Officer Shinji Aoyama memuji kebaikan kemitraan Honda dengan GM, baik pada SUV listrik 2024 Prologue berbasis Ultium dan produk masa depan berdasarkan platform yang dikembangkan bersama oleh kedua otomotif. raksasa.

“Kami percaya kolaborasi holistik saling menguntungkan, bukan hanya [vehicle] platform tetapi dengan pembelian dan pengadaan, ”kata Aoyama. “Kolaborasi adalah masa depan.”

Tetapi sementara Honda Prologue 2024 sebagian besar didasarkan pada teknologi General Motors – platform Ultium dan baterainya digunakan bersama dengan Cadillac Lyriq 2023 dan Chevrolet Blazer EV 2024 – proyek bersama berikutnya antara keduanya kemungkinan akan memiliki lebih banyak DNA Honda. Datang pada tahun 2027 akan menjadi mobil listrik dengan harga mulai di bawah $ 30.000, yang akan menampilkan lebih banyak berbagi intelijen antara GM dan pembuat mobil Jepang. Dengan nama kode AEV (kendaraan listrik yang terjangkau), proyek baru ini akan terdiri dari yang terbaik dari masing-masing merek.

“Baik Honda dan GM memiliki teknologi yang cukup untuk dibangun [our own cars],” kata Aoyama. “Jadi sekarang para insinyur dari kedua entitas mengungkapkan teknologi yang kami miliki, kemudian mencoba mendiskusikan teknologi mana yang bisa optimal untuk keduanya.”

Itu bisa berarti, secara teoritis, bahwa proyek AEV bisa menjadi desain yang sepenuhnya bersumber dari Honda, meskipun kemungkinan besar setiap perusahaan akan menyumbangkan komponen tertentu. Terlebih lagi, kolaborasi tidak hanya terbatas pada mobil itu sendiri. Baik GM dan Honda sedang mengevaluasi logistik dan fasilitas produksi mereka untuk mengidentifikasi cara paling efektif untuk memperoleh bahan, tenaga, dan ruang yang dibutuhkan untuk membangun EV entry-level. Ini semua adalah bagian dari tujuan kedua perusahaan untuk menjadi netral karbon, GM pada tahun 2040 dan Honda pada tahun 2050.

“Mulai sekarang, mulai dari pengadaan dan material hingga sirkulasi sumber daya adalah satu paket total,” kata Aoyama. “Kita harus mewujudkan semuanya dalam lingkup ini, bukan hanya kendaraan listrik baterai.”

By Justin