Ford Mustang 2024 memulai debutnya di North American International Auto Show bulan lalu, iterasi ketujuh dari mobil kuda poni terlaris di dunia. Tak lama setelah debutnya, S650 menerima dua versi yang berfokus pada balapan yang secara eksklusif akan berjalan di trek.

Ford sekarang mengungkapkan versi mobil balap lain dari Mustang baru, yang akan bersaing pada 2023. Dijuluki 2023 Mustang GT Gen3 Supercar, mobil balap ini adalah penantang Ford untuk Kejuaraan Supercar Australia 2023. Ini juga pertama kalinya Ford Mustang 2024 terlihat dalam balutan logam dalam kedok balap – pratinjau debut mobil poni produksi Australia pada akhir 2023.

Berdasarkan versi road-going dari mobil poni Blue Oval, Supercar Mustang GT Gen3 hadir dengan bodi S650 dan ditenagai oleh mesin Coyote V8 generasi terbaru. Namun, pabrik itu dikerjakan ulang oleh Ford Performance, antara lain meningkatkan kapasitasnya menjadi 5,4 liter.

Konon, Coyote V8 dalam versi mobil balap ini menghasilkan lebih dari 600 tenaga kuda (447 kilowatt) dan torsi lebih dari 479 pon-kaki (650 Newton-meter). Angka-angka ini dikirim ke roda melalui gearbox transaxle 6-percepatan Xtrac P1293 yang digerakkan dengan tuas.

Bekerja sama dengan Ford Performance, mobil balap Mustang Gen3 Supercar telah dibuat oleh tim homologasi Ford, Dick Johnson Racing. Dick Johnson sendiri adalah orang pertama yang berada di belakang kemudi mobil balap baru di Bathurst 1000 sebagai pendahulu debut mobil balap musim 2023.

Beberapa saat setelah debutnya, Ford Mustang mendapatkan versi Dark Horse R track-only, yang merupakan pratinjau dari enam Mustang balap yang sedang dalam proses. Mobil kuda poni yang berfokus pada balapan ini akan memiliki turunan GT3 dan GT4, serta versi yang ditujukan untuk NASCAR dan NHRA Factory X. S650 dalam rasa GT3 akan berlomba di Le Mans 24 Jam pada tahun 2024, mengakhiri 27 tahun absen di Sirkuit de la Sarthe.

By Justin