BMW M5 V10 Touring Manual Swap Adalah Sport Wagon Impian Anda

Penggemar mobil adalah kelompok yang aneh. Oleh aneh, maksud kami kreatif (dan juga aneh) tetapi jika Anda membaca ini, Anda sudah tahu itu. Pertimbangkan station wagon, kendaraan keluarga tradisional yang seharusnya tidak membakar hati seorang penggila, tetapi mereka melakukannya. Dan untuk alasan yang tidak bisa kami jelaskan, memiliki mesin besar saja tidak cukup. Mengganti real estate yang gemuk secara manual tidak masuk akal dari perspektif kinerja, tapi itulah sebabnya sangat luar biasa.

Itu membawa kita ke BMW yang ditampilkan dalam video Drivetribe ini. Ini adalah E61 M5 Touring, mengemas V10 5.0 liter yang luar biasa menghasilkan 500 tenaga kuda (373 kilowatt) yang mengalir ke roda belakang melalui SMG tujuh kecepatan. Itu adalah transmisi manual otomatis, dan meskipun mesinnya bagus, girboksnya tidak terlalu disukai. Untungnya, BMW menawarkan V10 M5 lama dengan manual enam kecepatan. Sayangnya, itu hanya tersedia di sedan, dan hanya di Amerika. Namun, seberapa sulitkah pertukaran manual E61 di Inggris?

hemat lebih dari $3.400 rata-rata diskon MSRP* untuk yang baru BMW M5

Sebenarnya, ini tidak terlalu sulit tetapi sebelum Anda mengambil alat Anda, kami memerlukan beberapa konteks dengan klaim ini. Video ini memadatkan jam demi jam kerja menjadi 21 menit, dan dilakukan oleh seorang profesional yang telah menyelesaikan dua pertukaran manual E61. Jelas, proyek ini cukup terlibat dan bahkan membutuhkan beberapa bagian khusus untuk melakukannya. Itu juga membutuhkan kabel baru dan komputer yang dikodekan ulang sehingga gerobak tahu itu tidak perlu lagi memindahkan persneling.

Anda mungkin juga terkejut mengetahui bahwa swap tidak menggunakan transmisi yang bersumber dari M5. Rupanya, itu sangat sulit didapat, tetapi ternyata kotak enam kecepatan dari E92 M3 hampir identik. Beberapa rasio roda gigi sedikit berbeda, dan memerlukan roda gila yang berbeda, yang juga membutuhkan motor starter yang berbeda, yang kemudian membutuhkan cukup banyak teardown di atas mesin. Jadi meskipun mudah, ini jelas merupakan proyek yang besar dan kuat.

Namun, satu hal yang tidak diperlukan adalah pemotongan atau pengelasan untuk memberi ruang bagi perpindahan tongkat di kokpit. Ternyata semua M5 dari generasi ini sudah memiliki floor passthrough dan braket shifter dari pabrik. Itu termasuk E61 Touring, jadi menambahkan tuas manual dan kit terkait secara harfiah merupakan proses baut.

Apakah pertukaran itu berhasil? Agaknya begitu, seperti yang kita lihat mobil bergerak sedikit di akhir klip. Video lain yang menampilkan uji jalan sedang dalam pengerjaan, jadi siaga untuk kopling besar dan mobil terbakar segera hadir.

Ingin mendengar lebih banyak tentang mobil dari masa lalu? Lihat podcast Rambling About Cars edisi otomotif 80-an/90-an, tersedia di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *