Porsche Cermat Mengembalikan 959 S Milik Mantan Pembalap F1

Salah satu mobil paling menarik dari Zuffenhausen, 959 juga merupakan salah satu Porsche paling langka. Hanya 292 mobil yang dibuat dari 1987 hingga 1988, tetapi versi Sport yang lebih kuat yang digambarkan di sini dirakit hanya dalam 29 contoh. Mantan pembalap Formula 1 Nick Heidfeld kebetulan memiliki 959 S dan membawanya ke Porsche Classic untuk penyegaran penuh yang memakan waktu lebih dari tiga tahun.

Contoh jarak tempuh yang sangat rendah dengan hanya 4.183 kilometer (2.599 mil) pada jam, supercar putih ada di toko dari musim panas 2017 hingga Desember 2021. Porsche sekarang memamerkan 959 S, yang telah melalui perombakan teknis yang ekstensif . Mantan pengemudi BMW Sauber mengetahui dari Porsche Classic bahwa sistem manajemen mesin mobil telah dimodifikasi, tetapi masalah tersebut kemudian diselesaikan dengan mengembalikan unit Motronic ke spesifikasi OEM-nya.

Tidak mengendarai 959 S untuk waktu yang lama berdampak pada bagian-bagian mobil yang berminyak: “Jika mobil dengan teknologi inovatif seperti itu tidak dikendarai secara teratur, sayangnya, kerusakan penyimpanan tidak dapat dihindari” – menurut Uwe Makrutzki, Kepala Restorasi Pabrik di Porsche Klasik. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa dalam situasi seperti itu, powertrain dan sasis harus benar-benar dirubah untuk menghindari masalah di masa depan. Untuk menghindari masalah ini di masa depan, pemilik disarankan untuk mengendarai mobil mereka setidaknya 100 kilometer per bulan.

Menjadi model Sport, Heidfeld’s 959 tidak menggunakan jendela listrik, penguncian sentral, dan AC otomatis. Ini juga menghindari kursi belakang dan bahkan kaca spion di sisi penumpang, sementara trik suspensi self-leveling dari mobil standar tidak ada. Semua perubahan ini dilakukan untuk mengurangi berat badan, berakhir dengan angka yang mengesankan hanya 1.350 kilogram (2.976 pon).

959 S lebih dari sekadar menghilangkan kenyamanan makhluk karena para insinyur Porsche juga memasang turbocharger yang lebih besar yang berjalan pada tingkat dorongan yang lebih tinggi. Tenaga didorong hingga 508 hp dan torsi 561 Nm (414 lb-ft), cukup untuk berlari dari 0 hingga 62 mph (100 km/jam) dalam 3,7 detik dan kecepatan tertinggi 211 mph (339 km/jam).

Heidfeld juga kebetulan memiliki 911 GT2 dari generasi 996 serta Carrera GT, tetapi garasinya mencakup beberapa model non-Porsche seperti Ford Mustang 1965 dan Volkswagen Beetle convertible klasik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *