Honda Tetapkan Target Penjualan Sepeda Motor Listrik Baru 15 Persen Pada 2030

Pada Juni 2022, Honda Group—yang terdiri dari semua entitas Honda sebagai perusahaan global—secara resmi merilis Honda Sustainability Report 2022. Laporan baru setebal 190 halaman ini menawarkan detail tentang apa yang telah dilakukan Honda sejak laporan keberlanjutan terakhirnya pada tahun 2021. —dan juga ke mana arahnya.

Karena kami adalah RideApart, tentu saja, minat utama kami adalah pada bisnis sepeda motor—dan ada beberapa pembaruan untuk kemajuan Honda yang telah kami ikuti selama beberapa tahun terakhir. Namun, pertama-tama, kita harus membicarakan berita terbesar.

Ingat rencana nol-emisi Honda untuk semua kendaraannya pada tahun 2040? Untuk mencapai tujuan itu, Honda baru saja mengumumkan tujuan untuk memiliki 15 persen penjualan sepeda motor, 30 persen penjualan mobil, dan 36 persen penjualan produk tenaga listrik pada tahun 2030.

Seperti yang dicatat oleh Honda sendiri di bagian lain dalam laporan ini, itu adalah sesuatu yang sulit. Sekarang sudah akhir Juni 2022—dan persentase penjualan produk listrik di masing-masing kategori tersebut untuk tahun ini cukup minim.

Menurut laporan Honda sendiri, hanya 0,01 persen dari penjualan sepeda motornya pada tahun 2022 adalah listrik. (Untuk lebih jelasnya, Honda juga memasukkan skuter dan e-bike dalam kategori sepeda motor listriknya.) Sekitar 0,37 persen dari penjualan mobil pada tahun 2022 adalah listrik, dan 0,52 persen dari penjualan produk tenaga.

Saat mempertimbangkan angka yang agak kecil ini, penting untuk mengingat sedikit konteks. Satu, hingga akhir Juni 2022, Honda sudah lama tidak beroperasi di ruang roda dua listrik. Itu fakta yang sudah lama dikomentari para pecinta moto. Tentu saja, Honda bukan satu-satunya OEM warisan yang tertarik pada elektrifikasi—tetapi Honda telah menjadi bagian dari paket itu, hingga saat ini. Kedua, meskipun Honda adalah perusahaan global, tidak semua produknya tersedia di semua tempat—dan sejauh ini hal itu berlaku untuk produk elektrifikasinya.

Namun, karena Honda membuat lebih banyak produk listrik tersedia di lebih banyak tempat, bagi lebih banyak orang, tampaknya lebih banyak orang akan membelinya jika mereka memiliki kesempatan. Jelas, faktor-faktor seperti harga, ketersediaan, dan ketersediaan suku cadang (karena dunia terus bergulat dengan masalah rantai pasokan) juga akan memainkan peran mereka.

Ekspansi Paket Daya Seluler Honda di India

Laporan Keberlanjutan Honda 2022 - Baterai yang Dapat Ditukar untuk Becak Listrik India

Itu membawa kita ke berita menarik lainnya yang diungkapkan Honda dalam laporan ini. Ingat Paket Daya Seluler Honda? Itu adalah baterai yang dapat ditukar yang digunakan dalam :e armada skuter komersial listrik, Benly:e, Gyro:e, dan Gyro Canopy:e (dan mengapa bukan Benl:e dan Canop:e, kita tidak akan pernah tahu).

Kembali pada Juni 2021, Honda Motorcycle and Scooter India mulai menguji HMPP untuk digunakan pada becak listrik, sebagai alternatif baterai yang dapat ditukar. Saat ini, sebagian besar becak menggunakan gas alam terkompresi, dan jumlah becak yang beroperasi di negara itu diperkirakan lebih dari delapan juta. Karena becak bertenaga pembakaran adalah bentuk transportasi yang populer, dan India saat ini sedang mengejar tujuan elektrifikasi yang agresif, matematika yang mendukung langkah ini cukup jelas.

Maju cepat ke Juni 2022, dan Honda mengumumkan bahwa mereka secara resmi meluncurkan layanan berbagi baterai sendiri untuk becak listrik India. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, itu akan bergulir sekitar paruh pertama tahun 2023. Detail lengkap tentang rencana peluncuran belum diumumkan, tetapi pasti akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang. Honda juga merencanakan produksi massal paket baterainya untuk digunakan di becak ini di India.

Honda Sensing 360, Teknologi Aman dan Nyaman, dan Sepeda Motor

Laporan Keberlanjutan Honda 2022 - Connected Mobility

Sebagai bagian lain dari teka-teki keberlanjutan Honda, perusahaan memberikan sedikit lebih banyak informasi tentang rencana Sensing 360 dan Teknologi Aman dan Nyaman. Honda menempati ruang yang cukup unik, mengangkangi dunia sepeda motor dan mobil. Itulah mengapa perusahaan mengatakan memiliki tanggung jawab yang unik, dan menetapkan tujuannya yang agak tinggi untuk mengurangi kematian akibat tabrakan lalu lintas yang melibatkan kendaraan Honda menjadi nol pada tahun 2050. (Kami sama sekali tidak yakin itu mungkin, karena manusia akan tetap menjadi manusia, tapi bagus bahwa Honda sedang mencoba.)

Sementara Honda tidak memberikan spesifik tentang Aman dan Suara, itu berbicara sedikit lebih banyak tentang bagaimana membayangkan semua jenis perangkat yang terhubung bekerja sama untuk mengkomunikasikan informasi real-time dalam lalu lintas. Jika Anda menggunakan banyak perangkat yang terhubung di rumah Anda, Anda mungkin sudah hidup dalam mikrokosmos dunia yang dibayangkan Honda, di mana semua kendaraan pintar berkomunikasi satu sama lain, dengan kamera, ponsel, dan berbagai perangkat elektronik. yang ada di jalanan setiap hari.

Honda juga menyebut Connected Motorcycle Consortium (CMC) Next dalam laporannya, yang juga mencakup Yamaha Motor Company Limited, BMW Motorrad, KTM AG, dan lainnya. Konsorsium telah mengumpulkan dan menganalisis data dari tabrakan sepeda motor. Di FY2023, Honda mengatakan, Konsorsium akan mengambil apa yang telah dipelajari dan menghasilkan solusi konkret untuk mencegah tabrakan sepeda motor.

Banyak masalah yang masih perlu ditangani di sini, paling tidak di antaranya adalah penambangan data besar-besaran dan masalah privasi. Namun, Honda melihat jaringan komunikasi yang terjalin seperti ini sebagai masa depan semua kendaraannya—termasuk sepeda motornya.

Program Daur Ulang Akhir Masa Pakai Sepeda Motor Honda

Honda juga berbicara tentang inisiatif yang bergabung dengan OEM lain di Jepang, mulai Oktober 2004. OEM ini, bersama dengan importir sepeda motor yang berpartisipasi, mulai mendaur ulang sepeda motor yang sudah habis masa pakainya pada saat itu. Di bawah skema tersebut, sepeda motor yang habis masa pakainya dikumpulkan di dealer dan di tempat pengumpulan yang ditentukan, dan kemudian didaur ulang secara gratis.

Menurut laporan Honda, total 1.359 produk Honda dikumpulkan dan didaur ulang pada tahun 2022, yaitu sekitar 66,2 persen dari semua sepeda yang dikumpulkan tahun itu. Ketika Honda dan OEM lainnya mulai berpartisipasi dalam program ini pada tahun 2004, ini adalah yang pertama di dunia—dan itu masih belum menjadi praktik umum pada tahun 2022.

Sekarang, ini jelas merupakan karya dari Undang-Undang Jepang tahun 2002 untuk Daur Ulang Kendaraan Akhir Masa Pakainya. Jenis undang-undang tersebut tidak terlalu umum di tempat lain pada tahun 2022. Namun, pengembangan program serupa di tempat lain di dunia—dan terutama jika pemain global seperti Honda terlibat—dapat membantu mendorong pembuangan kendaraan dengan benar. yang sudah tidak dapat digunakan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *