Toyota bZ4X Sudah Di-Recall Karena Velg Bisa Lepas

Toyota baru saja mulai menjual bZ4X tahun ini tetapi sekarang menghadapi penarikan. Menurut penarikan keselamatan sukarela yang dikeluarkan oleh pembuat mobil, EV pertama yang diproduksi secara massal menghadapi masalah yang menyebabkan rodanya jatuh.

Pemilik yang terkena dampak telah diberitahu melalui berbagai saluran – termasuk email, panggilan telepon, dan surat kelas satu – menginstruksikan mereka untuk tidak mengemudikan kendaraan mereka.

Subaru Solterra, yang dikembangkan dan diproduksi berdampingan dengan Toyota bZ4X, juga merupakan bagian dari penarikan tersebut. Namun, karena belum ada unit Solterra yang dikirim ke dealer dan pengecer, tidak ada pemilik Subaru yang terlibat dalam penarikan tersebut.

Penyebab masalah ini masih dalam penyelidikan. Namun, Toyota telah mencatat tiga kejadian yang melibatkan roda lepas – satu dari Taiwan dan dua dari AS. Dalam ketiga kasus tersebut, semua baut hub pada roda mengendur, sampai pada titik di mana roda terlepas dari kendaraan, yang merupakan kasus pada dua kasus yang dilaporkan. Setelah mengkonfirmasi dan mereplikasi cacat melalui tes Toyota sendiri, pembuat mobil mengeluarkan penarikan keselamatan sukarela.

Solusi untuk masalah ini masih dikembangkan saat ini. Pemilik yang terkena dampak tidak perlu membayar perbaikan saat diluncurkan sebagai bagian dari garansi kendaraan mereka.

Ada 661 unit Toyota bZ4X dan Subaru Solterra yang terlibat dalam penarikan tersebut, semuanya diproduksi antara 30 Maret hingga 21 April 2022 (hingga 3 Juni untuk Solterra).

Meskipun dokumen Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) menunjukkan bahwa hanya satu persen dari jumlah tersebut yang terpengaruh, Toyota belum menentukan yang spesifik dari 661 unit yang terpengaruh. NHTSA mencatat bahwa entri “1%” dalam dokumen berarti “tidak diketahui.”

Toyota bZ4X 2023 dibandrol mulai dari $43.215, sedangkan Subaru Solterra 2023 dibanderol mulai dari $46.220.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *