Cara Perpanjang Sim Online Tanpa Ribet, Bisa Dilakukan Sendiri!

Seperti diketahui, perpanjangan SIM sangat perlu dilakukan alasannya karena untuk mengetahui apakah skill pengendara masih layak atau tidak. Karena bisa saja skill berkendara seseorang turun, misalnya karena faktor usia ataupun kondisi lainnya. Bahkan jika diibaratkan kondisi kesehatan pengendara belum tentu sama pada saat sekarang dan 5 tahun mendatang, karena pada saat perpanjangan SIM salah satu syaratnya adalah keterangan kesehatan.

Saat ini di Indonesia Anda sudah bisa melakukan perpanjangan SIM secara online. Untuk cara perpanjangan SIM online juga mudah bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat. Lalu bagaimana cara melakukannya?

Keuntungan Perpanjangan SIM Online

Sebelum mengetahui step by step cara memperpanjang SIM online maka anda perlu tahu dulu apa saja keuntungan memperpanjang SIM secara online.

  • Hemat waktu, perpanjangan SIM online ini sangat cocok bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan perpanjangan dengan langsung datang ke polres setempat. Jadi Anda yang super sibuk bisa melakukan perpanjangan secara online tanpa harus bepergian keluar rumah hanya bermodalkan komputer, laptop bahkan smartphone saja perpanjangan SIM sudah bisa dilakukan.
  • Hemat biaya, melakukan perpanjangan SIM tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya. Namun karena dilakukan secara online anda tidak perlu keluar rumah dan jika tidak keluar rumah artinya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi jika menggunakan kendaraan umum dan juga biaya pembelian BBM jika menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi jika jarak rumahnya cukup jauh dari polres maka biaya yang dikeluarkan untuk berkendara ke lokasi dan juga perpanjangan SIM akan lebih mahal.
  • Lebih praktis, dari sisi praktis dan fleksibel tentu saja hal ini menjadi kemudahan yang didamba-dambakan oleh masyarakat. Apalagi kamu milenial yang memang suka berbagai hal yang simpel dan tidak buang waktu. Sehingga tidak hanya belanja saja yang online tapi untuk kegiatan administrasi masyarakat juga bisa dilakukan secara online.

Cara Perpanjangan SIM Online

Untuk melakukan perpanjangan SIM secara online Anda bisa lakukan beberapa langkah berikut baik lewat komputer maupun smartphone.

  1. Pertama-tama ada unduh terlebih dahulu Aplikasi Digital Korlantas Polri baik lewat Playstore maupun Appstore.
  2. Kemudian setelah itu masukkan sejumlah data yang dibutuhkan seperti nomor HP, biodata NIK, nama sesuai yang ada di KTP dan email.
  3. Setelahnya Anda akan disuruh melakukan verifikasi email untuk membuat akun Digital Koorlantas Polri.
  4. Setelah akun Anda sudah diverifikasi buka aplikasi kembali dan pilih menu Layanan Perpanjangan SIM dan pilih jenis sim yang akan diperpanjang.
  5. Masukkan nomor SIM lama dan unggah foto KTP serta foto fisik SIM lama.
  6. Foto tanda tangan di atas kertas putih dengan pas foto yang berlatar belakang biru dan untuk resolusinya sudah ditentukan yakni 480 x 640 pixel.
  7. Anda juga harus melakukan tes psikologi setelah mengunggah berkas. Tas ini bisa dilakukan lewat aplikasi epPSi. Buat akun dengan email yang sama pada akun Digital Koorlantas Polri sebelumnya.
  8. Adapun tes psikologi ini dikenakan biaya Rp37.500 dan bisa dibayar lewat dompet digital atau transfer ATM dengan nomor rekening virtual account. Jika soal tes sudah keluar dan dinyatakan memenuhi syarat maka akan muncul centang pada aplikasi.
  9. Selanjutnya Anda perlu lakukan pemeriksaan kesehatan online di laman erikkes.id atau bisa juga klik link yang ada pada aplikasi. Pada website ini anda harus buat akun dengan email yang sama dan lakukan verifikasi identitas dengan KTP serta foto selfie.
  10. Masukkan biodata dan isi riwayat kesehatan pada form yang sudah ditentukan. Pilih fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan dengan lokasi kabupaten/kota dan Anda harus tentukan jadwal kedatangan.
  11. Saat datang ke faskes yang sudah dipilih Anda wajib bayar biaya pemeriksaan kemudian data akan diinput dan otomatis bagian e-rikkes sudah akan tercentang.

Sekarang tentu Anda sudah tahu bagaimana cara memperpanjang SIM online secara mandiri. Untuk Anda yang sedang cari berbagai produk fashion untuk pria maka bisa pilih Apparel Eiger. Eiger adalah sebuah brand yang memang mengeluarkan produk berbagai kategori salah satunya produk fashion untuk pria baik untuk indoor maupun outdoor. Kualitas produk yang ditawarkan juga bagus dengan harga terjangkau. Informasi lebih lengkap bisa klik Eigeradventure.com.

 

Baca juga : Apa Saja Perbedaan Pertamax dan Pertalite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *