Rekam Pangsa Pasar Untuk EV Di AS Dan Eropa

Ada hasil penjualan yang sangat positif untuk mobil listrik di Amerika Serikat dan Eropa. Menariknya, data terbaru yang dirilis JATO Dynamics menunjukkan pertumbuhan permintaan kendaraan listrik melampaui China, pasar terbesar di dunia untuk kendaraan jenis ini.

Pangsa pasar Battery Electric Vehicles (BEVs) di AS adalah 5,1 persen antara Januari dan Oktober 2022. Meskipun masih kecil dibandingkan dengan kehadiran kendaraan bermesin pembakaran yang kuat, sangat luar biasa melihat pertumbuhan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, dalam sepuluh bulan pertama tahun 2021, BEV menyumbang 2,9 persen dari total pasar.

Dua tahun sebelumnya, dari Januari-Oktober 2020, EV hanya 1,7 persen dari seluruh penjualan kendaraan baru. Pada 2019, BEV menyumbang 1,3 persen dari total pasar. Popularitas Tesla Model Y dan awal yang baik dari truk listrik, seperti GMC Hummer EV dan Ford F-150 Lightning, menjelaskan bagian dari pertumbuhan pesat tersebut.

Tren tersebut diperkirakan akan berlanjut pada tahun 2023 dengan hadirnya SUV dan truk listrik yang lebih terjangkau. Yang penting, konsumen AS kebanyakan membeli kendaraan ini.

Lebih Dari 1 Dari 10 Mobil Di Eropa Adalah Listrik

Meski mengalami kemajuan, pasar mobil listrik AS tertinggal dari Eropa. Data JATO yang mencakup 23 pasar Eropa menunjukkan bahwa kendaraan ini menyumbang 12 persen dari registrasi mobil baru hingga Oktober 2022. Itu setara dengan 1,09 juta unit dari 9,09 juta untuk seluruh pasar. Totalnya meningkat menjadi 1,86 juta ketika plug-in hybrids (PHEVs) ditambahkan.

Jadi, total Eropa 1,9 kali lebih tinggi dari Amerika. Kesenjangan tersebut menyempit secara signifikan sejak 2020. Pada tahun itu, ada 2,5 EV yang terdaftar di Eropa untuk setiap EV yang terjual di AS. Rasio turun menjadi 2,4 antara Januari dan Oktober 2021.

Pangsa Pasar EV Nomor Motor1

Ledakan Eropa dapat dijelaskan dengan infrastruktur yang lebih baik, lebih banyak pilihan bagi konsumen, dan penawaran yang bagus. Memang, terkadang lebih mudah membeli mobil listrik baru daripada mobil bensin. Hal ini disebabkan oleh pergeseran prioritas yang diberikan OEM pada produk mereka.

Karena masalah semikonduktor kemungkinan akan tetap menjadi masalah pasokan, sedikit yang tersedia digunakan di model paling populer (terutama SUV) atau yang lebih mudah dijual, seperti EV berkat insentif publik.

Pangsa Pasar EV Nomor Motor1

Apa yang akan terjadi di masa depan?

Kedua pasar ini diperkirakan akan melihat angka yang lebih tinggi untuk kendaraan listrik tahun depan. Adopsi yang cepat di beberapa pasar didorong oleh penawaran yang lebih kompetitif. Produk yang lebih mudah diakses dan menarik akan tiba tahun depan.

Pengenalan kendaraan ini termasuk truk besar dan SUV di AS dan SUV kecil dan kompak di Eropa. Ketika kesadaran konsumen meningkat dan keinginan mereka untuk mengemudikan listrik didukung oleh mobil yang lebih baik, tidak aneh melihat pangsa pasar dua digit untuk BEV di AS dan lebih dari 20 persen di Eropa untuk tahun 2023.

Penulis artikel, Felipe Munoz, adalah Spesialis Industri Otomotif di JATO Dynamics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *