Lihat 13 McLaren F1 Senilai $280M Di Bawah Satu Atap Untuk Ulang Tahun ke-30

28 Mei 1992. Penggemar hardcore McLaren segera mengenali tanggal tersebut sebagai peluncuran supercar terbesar tahun 1990-an. Tentu saja kita berbicara tentang McLaren F1, dan hanya 106 yang dibuat dari tahun 1992 hingga akhir produksi pada tahun 1998. Ingat, jumlah itu termasuk prototipe, mobil jalanan, dan mobil balap, jadi melihat hanya satu adalah peristiwa yang langka. Memiliki 13 di satu tempat adalah sesuatu yang benar-benar istimewa.

Merayakan ulang tahun ke 30 F1 adalah alasan untuk acara khusus, dan itu adalah subjek video ini dari Dilihat Melalui Kaca Saluran Youtube. Diorganisir oleh Pengemudi Klasik dan Kiklo Spaces, acara tersebut berlangsung di Inggris pada 13 September dan menampilkan sedikit segalanya dari dunia McLaren F1. Berdasarkan Pengemudi Klasik13 kendaraan menjadi bagian dari perayaan termasuk lima mobil jalan raya, lima mobil balap GTR, dan tiga pembalap Longtail, salah satunya adalah prototipe.

Video membawa kita menelusuri koleksi sambil menawarkan beberapa cerita menarik yang berkaitan dengan beberapa mobil. Yang pertama berkaitan dengan mobil jalan dua warna abu-abu/perak yang dibuat khusus untuk pendiri Klinik Uneo di Jepang, perusahaan yang mensponsori GTR pemenang Le Mans pada tahun 1995. Pendiri ingin membeli mobil balap yang sebenarnya, tetapi McLaren alih-alih membangun mobil jalan satu-satu dengan warna yang sama. Mobil jalan raya F1 lainnya awalnya diberikan kepada Michael Andretti, yang sempat membalap di Formula 1 bersama McLaren sebelum digantikan oleh Mika Häkkinen.

Mobil-mobil memang menjadi daya tarik utama, tetapi pertemuan itu juga menampilkan koleksi khusus barang-barang yang berhubungan dengan F1. Yang menarik adalah peti alat khusus yang diterima setiap pembeli F1. Karena McLaren tidak memiliki pusat layanan pada tahun 1990-an, peralatan tersebut akan digunakan oleh para insinyur McLaren jika diperlukan pemeliharaan di tempat di lokasi pemilik.

Dengan mesin V12 6.1 liter BMW yang menghasilkan 618 tenaga kuda, F1 dengan mudah mengklaim gelar mobil produksi tercepat di dunia dengan kecepatan tertinggi 240 mph. Rekor itu bertahan hingga 2005 ketika Bugatti Veyron mencapai 253 mph, tetapi 30 tahun setelah debut F1, itu masih menjadi salah satu supercar tercepat yang pernah dibuat.

Nikmati lebih banyak konten supercar di Berceloteh Tentang Mobil podcast, tersedia di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *