Empat Harley Earl Classics Dari GM Heritage Kunjungi Detroit Streets

Concours d’Elegance berasal dari Prancis tetapi sekarang hadir dalam berbagai bentuk. Salah satunya telah diselesaikan bulan lalu di Pebble Beach di mana kami melihat serangkaian peluncuran mobil yang luas.

Di Michigan, Detroit Concours d’Elegance berlangsung akhir pekan ini. Tapi tidak seperti pertunjukan mewah dan mewah yang khas selama Concours, yang satu ini terjadi di jalanan Detroit. Dan untuk tahun ini, pameran ini didedikasikan untuk salah satu desainer paling berpengaruh yang telah memberikan dampak pada industri otomotif.

Kita berbicara tentang kepala desain General Motors yang legendaris, Harley Earl, dan untuk Concours, empat karya ikoniknya – semua bagian dari koleksi pribadi permanen GM Heritage Center – akan bergabung dalam perayaan tersebut. Sama seperti hubungan terlarang, mobil-mobil ini jarang terlihat bersama di depan umum, yang akan terjadi pada 18 September 2022, mulai pukul 10.00 hingga 16.00 di Detroit Institute of Arts.

1920 Cadillac Tipe 59C

1920 Cadillac Type 59C - Harley Earl Classics Untuk Detroit Concours d'Elegance

Pekerjaan Earl sebagai desainer dimulai di Los Angeles dengan membuat bodywork khusus untuk klien kaya di bisnis keluarganya, Earl Automobile Works. Itu kemudian diakuisisi oleh distributor California Cadillac Don Lee dan diganti namanya menjadi Don Lee Coach and Body Works.

Salah satu karya awal Earl adalah ini: sedan coachbuilt Cadillac Type 59C biru-hitam.

1927 LaSalle Seri 303

1927 LaSalle Series 303 - Harley Earl Classics Untuk Detroit Concours d'Elegance

Sejalan dengan tugas Presiden Cadillac saat itu Lawrence Fisher untuk meluncurkan merek LaSalle, Earl dipekerjakan untuk memberikan panache visual merek sesuai dengan pekerjaan kustom yang dia lakukan di California. Produk tersebut adalah LaSalle Series 303 1927, yang terinspirasi oleh Hispano-Suiza.

Saat itulah GM mempekerjakan Earl untuk memimpin divisi Bagian Seni dan Warna yang baru dibuat, yang berlanjut dan menjadi Desain GM saat ini.

Konsep Buick Y-Job 1938

1938 Buick Y-Job Concept - Harley Earl Classics Untuk Detroit Concours d'Elegance

Buick Y-Job dirayakan sebagai mobil konsep pertama di industri otomotif. Itu adalah interpretasi Earl tentang masa depan desain otomotif, dan juga berfungsi sebagai kendaraan pribadi Earl selama lebih dari satu dekade. Y-Job tidak terlihat seperti yang lain pada masanya dan menjadi tolok ukur desain untuk General Motors.

Pada tahun 2016, Y-Job diabadikan dalam Daftar Kendaraan Bersejarah Nasional.

1951 General Motors LeSabre Concept

1951 General Motors LeSabre Concept - Harley Earl Classics Untuk Detroit Concours d'Elegance

Konsep GM LeSabre dianggap sebagai karya terbesar Earl. Gayanya terinspirasi oleh desain pesawat jet, oleh karena itu, namanya berasal dari jet tempur supersonik pertama. Bodinya terbuat dari aluminium, magnesium, dan fiberglass, dan merupakan pusat perhatian GM dari sirkuit pertunjukan.

Sama seperti Y-Job, LeSabre menjadi kendaraan pribadi Earl.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *