Purosangue Menempatkan Ferrari Menjadi Segmen yang Menguntungkan

Salah satu mobil yang paling dinanti tahun ini akhirnya diluncurkan: SUV pertama dalam sejarah Ferrari. Meski di Maranello mereka mengklaim Purosangue memiliki kelas tersendiri, publik kini bisa mengenal produk terbaru dari Ferrari setelah bertahun-tahun berspekulasi. Purosangue adalah salah satu dari sedikit kendaraan yang diperhatikan oleh pers dan dunia keuangan. Itu sangat berarti bagi Ferrari.

Mengesampingkan spesifikasi teknis dan desain Purosangue, kendaraan ini menempatkan Ferrari di sektor pasar yang sama sekali berbeda. Meskipun merek tersebut tidak menganggapnya sebagai SUV, jelas bahwa produk baru ini adalah jawaban Ferrari atas ledakan SUV yang telah menyebar ke segmen mewah atas. Rolls-Royce, Bentley, Aston Martin, dan Lamborghini adalah bagian darinya.

Segmen F-SUV

Saya menyebutnya segmen F-SUV mewah dan tahun lalu menemukan lebih dari 14.200 pelanggan baru, yaitu mereka yang membeli Bentley Bentayga, Lamborghini Urus, Aston Martin DBX, dan Rolls-Royce Cullinan. Penjualan gabungan mereka naik 40 persen dari tahun 2020 dan diperkirakan akan tumbuh lebih banyak lagi pada tahun 2022. Keempat model, dengan harga dan posisi yang berbeda, telah mengalami peningkatan dua digit, dengan Aston Martin naik lebih dari 400 persen.

Nomor Motor1 Ferrari Purosangue

Super SUV ini sebagian besar dijual di AS dan Kanada, di mana 31 persen volume global berada pada tahun 2021. Permintaan telah meningkat 46 persen menjadi lebih dari 4.400 unit. Pasar terbesar kedua untuk segmen ini adalah China, dengan lebih dari 3.700 unit terjual, naik 23 persen.
Eropa berada di urutan ketiga dengan 3.622 unit, naik 33 persen dibandingkan tahun 2020. Di antara pasar ini, Inggris adalah pemimpin dengan 40 persen dari total Eropa, diikuti oleh Jerman dengan 26 persen, Swiss dengan 6,3 persen, Italia pada 5,1 persen, dan Prancis dengan 3,0 persen.

Dalam hal penetrasi pasar dalam penjualan SUV, Monaco memimpin karena menyumbang 4,8 persen dari volume. Singapura mengikuti di 0,8 persen, dengan San Marino berikutnya di 0,5 persen, Andorra dengan 0,4 persen, dan Qatar di 0,3 persen.

Posisi yang Tepat

Berdasarkan informasi dan foto resmi yang diberikan oleh Ferrari, Purosangue tampaknya merupakan produk yang tepat dengan potensi tinggi. Pertama-tama, pemosisian sebagai mobil sport empat penumpang lainnya bertujuan untuk menyelaraskan kendaraan baru dengan sisa jajarannya dan bukan sebagai Ferrari yang sama sekali berbeda.

Nomor Motor1 Ferrari Purosangue

Dan tidak seperti saingan terdekatnya, Ferrari telah memutuskan untuk lebih fokus pada kinerja daripada konsep keserbagunaan. Ada lebih banyak “Sport” daripada “Utility” di SUV ini, terutama dengan ruang interior yang terbatas, empat kursi, bukan lima, dasbor Ferrari tradisional, dan distribusi bobot yang bias ke belakang. Faktanya, ada lebih banyak kesamaan antara Purosangue dan garis Kuda Jingkrak lainnya daripada yang mungkin Anda pikirkan.

Itu sebabnya saya yakin Ferrari baru ini akan secara paksa memasuki segmen tersebut dan menjadi pemain baru di sektor tersebut.

Penulis artikel, Felipe Munoz, adalah Spesialis Industri Otomotif JATO Dynamics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *