Honda WR-V Crossover Mencetak Hanya Satu Bintang Dalam Tes Kecelakaan NCAP Latin

Sangat menyedihkan melihat standar keselamatan di industri otomotif sangat berbeda tergantung pada pasar dan wilayah. Amerika Utara, Eropa, dan Asia memiliki undang-undang ketat yang menentukan tingkat perlindungan yang harus diberikan oleh kendaraan baru, tetapi situasinya berbeda di pasar di sekitar Amerika Latin dan Afrika, misalnya. Hasil terbaru dari program uji Latin NCAP menunjukkan model yang saat ini dijual di wilayah tersebut nyaris tidak memberikan perlindungan minimal jika terjadi kecelakaan.

Program Penilaian Mobil Baru untuk Amerika Latin dan Karibia baru-baru ini mengevaluasi Honda WR-V, sebuah crossover subkompak yang diproduksi di Brasil. Kendaraan kecil lima tempat duduk hadir sebagai standar dengan dua airbag depan dan sistem stabilitas elektronik, meskipun sejauh ini tidak cukup untuk mendapatkan lebih dari satu bintang dalam uji tabrak. Dan peringkat yang buruk ini tidak hanya berasal dari perlengkapan standarnya, tetapi juga karena perlindungannya yang buruk jika terjadi kecelakaan.

Latin NCAP menguji WR-V dalam dampak frontal, dampak samping, whiplash, dan perlindungan pejalan kaki. Hasil terbaik yang didapat hanya 58,82 persen dalam perlindungan pejalan kaki, sementara perlindungan penumpang dewasa dan perlindungan pengguna jalan rentan berada di kisaran 40 persen. Tidak hanya itu, NCAP Latin menunjukkan bahwa sabuk pengaman crossover tidak memenuhi persyaratan organisasi, sementara kurangnya airbag tirai samping berarti perlindungan dalam tabrakan benturan samping minimal.

NCAP Latin juga menguji Volkswagen Nivus dan crossover Jerman mendapat peringkat bintang lima tertinggi dari organisasi keselamatan. Peralatan keselamatan standar Nivus buatan Brasil mencakup enam airbag dan ESC, sementara setidaknya 50 persen pelanggan juga memilih sistem pengereman darurat otonom. NCAP Latin mengatakan semua sistem keselamatan yang diuji bekerja dengan baik selama pengujian.

“Konsumen seharusnya senang menemukan model yang lebih populer yang mencapai 5 bintang,” sekjen Latin NCAP, Alejandor Furas, berkomentar. “Ini mengejutkan NCAP Latin untuk menemukan perbedaan seperti itu antara Nivus dan WR-V, yang merupakan pesaing di segmen yang sama, karena Honda hanya mencetak satu bintang terutama karena kurangnya peralatan keselamatan. Latin NCAP sangat mendorong Honda untuk meningkatkan WR-V dan segera membawa kembali model bintang lima ke wilayah tersebut seperti yang terakhir kali terjadi pada tahun 2015”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *