Pagani Zonda S Roadster Memainkan Sweet V12 Tune On Track

Jika hanya satu mobil yang mendefinisikan apa itu Pagani, itu seharusnya Zonda. Sebagai anak sulung dari pembuat hypercar Italia, Zonda mengusung merek yang aslinya lebih dari dua dekade lalu – kecepatan, tenaga, kelangkaan, dan banyak gaya unik.

Di antara kurang dari 200 unit Zonda yang pernah dibuat – dan ya itu termasuk berbagai versi hypercar mid-engine – hanya 40 unit Zonda S Roadster yang dibuat. Salah satunya berhasil mencapai track day di Belanda, dan YouTuber cvdzijden mampu menangkap penampilannya di alam liar dan nada V12 yang megah.

Musik manis dalam video di atas berasal dari mesin V12 7,3 liter yang disedot secara alami, diproduksi dan dirancang oleh Mercedes-AMG. Itu menghasilkan 547 tenaga kuda (408 kilowatt) dan torsi 553 pound-feet (750 Newton-meter) yang sehat ketika Zonda S Roadster diperkenalkan pada tahun 2003.

Menariknya, hypercar track day juga menampilkan mobil-mobil menarik lainnya di grid. Yang utama adalah Apollo Intensa Emozione super-langka yang mendukung gaya gilanya dengan kekuatan besar yang juga berasal dari V12 yang disedot secara alami. Hanya 10 unit Apollo IE yang dibuat, yang membuatnya lebih langka daripada Pagani di sini.

Kembali ke Pagani, pabrikan Italia ini memperkenalkan versi baru Huayra pada bulan Juni tahun ini. Disebut Huayra Codalunga, dibuat melalui departemen Grandi Complicazioni perusahaan. Hanya lima unit Codalunga yang dibuat – semuanya terinspirasi oleh pembalap ekor panjang Le Mans tahun 1960-an dan sudah terjual.

Sementara itu, Pagani menatap masa depan, dan itu melibatkan elektrifikasi. Itu mulai meneliti EV pada tahun 2018 dan baru-baru ini, sebuah laporan muncul mengatakan bahwa perusahaan telah meninggalkan proyek tersebut.

Horacio Pagani sendiri membantah laporan tersebut dan menegaskan bahwa perusahaan terus berinvestasi dalam teknologi listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *